Minggu, 04 April 2010

STRUKTUR DALAM PL/SQL

Declare
Begin
Exception
End

Struktur diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Bagian Judul (Header)
Bagian ini hanya digunakan jika PL/SQL diberikan nama, misalnya untuk prosedur atau fungsi. Bagian ini berisi nama blok, daftar parameter, dan pengembalian hasil (return) jika blok adalah fungsi.

2. Bagian Deklarasi (declaration)
Bagian ini untuk membuat deklarasi mengenai semua variable dan konstanta yang direferensikan dalam pernyataan PL/SQL. Bagian deklarasi ini dimulai dengan perintah DECLARE. Jika tidak ada variable atau konstanta yang ingin dideklarasikan bagian ini boleh dihilangkan.

3. Bagian Eksekusi (Execution).
Bagian ini memuat pernyataan-pernyataan PL/SQL yang akan ditulis. Bagian eksekusi ini harus dimulai dengan perintah BEGIN.

4. Bagian Perkecualian (Exception)
Bagian ini memuat cara menangani kesalahan-kesalahan (error) pada waktu eksekusi program PL/SQL. Jika program tidak memuat cara menangani kesalahan, bagian ini boleh dihilangkan.
Setiap pernyataan PL/SQL harus diakhiri dengan tanda titik-koma(;) dan semua program PL/SQL harus diakhiri dengan perintah END. Pada bagian deklarasi ditempatkan variable dan konstanta yang dipakai oleh pernyataan PL/SQL yang dibuat. Perbedaan variabel dengan konstanta adalah :
- Konstanta – nilai ditentukan pada saat deklarasi dibuat sehingga nilainya tetap pada saat program dieksekusikan.
- Variabel – dapat menerima nilai baru atau sebaliknya diubah pada saat program dieksekusi.

Type data yang dapat dikenali dalam PL/SQL dapat berupa type data SQL dan type data seperti :

1. BOOLEAN–dipakai untuk menyatakan data logika, yaitu TRUE(benar), FALSE(salah), dan NULL(kosong).
2. BINARY_INTEGER–digunakan untuk mendeklarasikan bilangan yang tidak mempunyai angka desimal. Tipe data NATURAL dan POSITIVE merupakan subset dari BINARY_INTEGER.
3. %TYPE-tipe data ini dipakai untuk menandakan bahwa variabel yang deklarasikan sama dengan tipe data dari kolom tabel tertentu.
4. %ROWTYPE–tipe data ini menandakan bahwa sekelompok variabel adalah sama dengan tipe data darirow suatu tabel tertentu.
5. Tabel dan Record – Tipe data komposit untuk pemakaian yang lebih kompleks.

1 komentar: