Sabtu, 06 Maret 2010

MENGAPA KITA BELAJAR BAHASA INDONESIA

Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitre.

Pertanyaannya sekarang, mengapa kita harus belajar bahasa indonesia?
Alasan pertama kita harus belajar bahasa indonesia yaitu karena sudah kewajiban kita sebagai warga negara indonesia, jika kita mencintai bangsa indonesia berarti kita juga harus mencintai bahasa kita sendiri.

Alasan kedua yaitu karena bahasa indonesia sebagai bahasa untuk pemersatu bangsa, maksudnya
karena di indonesia terdiri dari banyak suku dengan berbagai macam bahasa daerah yang berbeda- beda. Sehingga dengan adanya bahasa Indonesia kita tetap dapat berkomunikasi dengan yang lainnya.

Alasan ketiga yaitu saat ini sudah banyak sekali pihak - pihak yang ingin mengganti bahasa indonesia dengan bahasa asing, sehingga kita sebagai bangsa indonesia sangat diharuskan untuk mempelajari bahasa indonesia dengan baik dan benar, agar tetap lestari bahasa Indonesia.

Alasan keempat yaitu agar kita dapat memperkenalkan bahasa Indonesia kepada bangsa lain di seluruh dunia. Karena di beberapa negara bahasa Indonesia sudah dijadikan bahan pembelajaran di sekolah - sekolah. Misalnya di negara tetangga kita yaitu Australia, sehingga sangat memalukan sekali jika negara lain lebih mengerti tentang bahasa Indonesia daripada kita sebagai warga negara Indonesia.

Saya sendiri belum yakin dengan kemampuan saya berbahasa Indonesia yang baik dan benar, karena saya sadari saya masih jauh dari kata "benar" dalam berbahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar